14 Agustus 2011

Youth Power UGM 2011

Era globalisasi telah mengaburkan sekaligus menghanyutkan berbagai elemen dalam kehidupan masyarakat, salah satu diantaranya adalah pemuda. Pemuda menjadi ikon penting dalam menyambut dan membuat langkah strategis guna perubahan kehidupan global. Namun potret pemuda kekinian berada dalam posisi dilematis. Satu sisi mereka sulit menghadapi kondisi ini, terbukti semakin banyaknya pemuda yang terjebak dan tenggelam dalam globalisme semu yang kemudian menimbulkan banyak dampak negatif seperti konsumerisme, hedonisme, dan pragmatisme. Sementara itu, globalisasi juga menawarkan berbagai kemudahan dan peluang yang mampu dimanfaatkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik.
Kondisi ini kemudian menjadi tantangan yang begitu kompleks bagi pemuda, terlebih pada pemuda Indonesia. Globalisasi telah masuk dalam ranah kehidupan pemuda, bahkan dalam ranah yang paling privat sekalipun. Masalah pemuda dan globalisasi menjadi bagian dari kehidupan yang tak terpisahkan. Nasib suatu bangsa terletak pada pundak pemuda, bagaimana pemuda memanfaatkan globalisasi sebagai instrument untuk membangun bangsa. bukan sebaliknya, justru terpanting dalam derasnya arus global. Maka diperlukan usaha bersama membangun pemuda sebagai bibit unggul untuk membangun masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik. Dalam konteks pemuda Indonesia. mahasiswa menjadi salah satu unsur terpenting untuk membangun bangsa. Diperlukan berbagai pemikiran kritis mahasiswa dan solusi alternatif dengan menyediakan ruang untuk pengapresiasian sekaligus membuka berbagai ide kreatif pemuda dalam menghadipi tantangan global.
            Atas dasar tersebut, Keluarga Mahasiswa Sosiologi (KMS) Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan berbagai elemen mahasiwa se-Indonesia dan lembaga terkait, menyelanggarakan kegiatan bertema “Youth Power ”, kegiatan ini sebagai refleksi bersama atas krisis kepemudaan Indonesia di era globalisasi. Tidak hanya itu, momentum Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2011 juga menjadi spirit untuk semakin meneguhkan komitmen bersama membangun pemuda. Kegaitan ini mencoba menggali sekaligus mewadahi berbagai pemikiran kritis pemuda khususnya mahasiswa se-Indonesia terkait permasalahan pemuda di era globalisasi. Karena sesungguhnya pemuda Indonesia mempunyai kekuatan untuk mengubah dunia, optimisme ini yang berusaha diakomodasi dalam berbagai agenda kegiatan ini.
TUJUAN
  1. Menggali berbagai pemikiran kritis dan solutif mahasiswa atas krisis kepemudaan di Indonesia
  2. Menjadikan mahasiswa sebagai aktor problem solving terhadap krisis kepemudaan di Indonesia.
  3. Mengakomodasi ide kreatif mahasiswa atas problema kepemudaan yang terjadi dalam konteks sosial wilayah masing-masing di Indonesia.
  4. Menjalin kerjasama dari berbagai lintas universitas di Indonesia
  5. Membentuk forum pemuda nasional yang diisi oleh mahasiswa yang telah tergabung dalam rangkaian kegiatan Youth Power, serta mengembangkan dan memperluas jaringan mahasiswa di Indonesia.
  6. Turut serta dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat sebagai program aplikasi kegiatan perkuliahan.
NAMA, MOTTO, DAN TEMA ACARA
Nama Acara
“ Youth Power 2011 ”
Tema Acara
Pemuda dan Globalisasi
(Tantangan, Peluang, dan Strategi)
Motto Acara
“ Take Action, Build The Nation”
Rangkaian Kegiatan yang akan diselenggarakan :
A. Call For Paper klik detail di sini 
B. SMART klik detail di sini
C. Simposium Nasional klik detail disini
D. Indonesian Student Conference klik detail disini

0 komentar:

Posting Komentar